Dalam rangka peningkatan mutu berkelanjutan, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNKARTUR melakukan Survei Pengukuran Kepuasan Pemangku Kepentingan pada 12 Juli – 10 Agustus 2021 dengan cakupan pemangku kepentingan Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mitra Tridharma. Dengan menggunakan 5-point attitudinal scale, pengukuran mencakup kepuasaan pemangku kepentingan secara keseluruhan dan penilaian mereka terhadap setiap dimensi kepuasan yang relevan.
Untuk setiap pemangku kepentingan, penyajian hasil dilakukan dengan tampilan persen kepuasan yaitu proporsi responden; rerata skor setiap dimensi kepuasan dalam skala 1-5, direpresentasikan dengan bar chart.
Tingkat kepuasan mahasiswa relatif tinggi dengan beberapa aspek yang menonjol, di antaranya Fasilitas pendukung, layanan administrasi, dan Hubungan Dosen-Mahasiswa. Aspek yang perlu mendapat perhatian untuk diperbaiki adalah aspek biaya dan beasiswa. Komponen fasilitas yang dinilai paling perlu diperbaiki adalah efektivitas Pembelajaran Daring dan kegiatan non akademik.
Apa pendapat mahasiswa mengenai setiap aspek penyelenggaraan pendidikan di UNKARTUR?
Tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan relatif sedang-tinggi dengan beberapa aspek yang menonjol, di antaranya aspek kepemimpinan, keselamatan dan kesehatan kerja, dan aspek pelatihan dan pengembangan. Aspek yang dinilai paling perlu diperbaiki adalah Remunerasi, Penilaian Kinerja, dan aspek karir, promosi,penghargaan. Jika ditelusuri lebih lanjut, didapati temuan-temuan yang menarik, seperti dalam aspek Penilaian Kinerja, faktor yang dinilai paling rendah adalah validitas metode pengukuran, dalam aspek Remunerasi adalah kesesuaian bonus dengan kinerja individu dan organisasi.
Penilaian Mitra Tridharma terhadap kualitas pelaksanaan kerja sama sangat tinggi, demikian juga niat untuk melanjutkan kerja sama, dan niat untuk meningkatkan intensitas dan memperluas bidang kerja sama. Perbaikan berkelanjutan bisa difokuskan pada peningkatan dampak kerja sama terhadap Mitra.