Apakah belajar bahasa Inggris merupakan hal yang menakutkan bagi siswa? Mungkin sebagian siswa disekolah menyatakan setuju dan sebagian lainnya menyatakan tidak setuju. Alangkah lebih baik ketika kita selaku orang tua atau guru mendapati anak yang gemar belajar bahasa inggris dan juga mereka lancar mengucapkan kata-kata di dalam bahasa inggris dan bangga bisa menggunakan bahasa lain selain bahasa keseharian mereka tentunya. Tetapi pada kenyataanya seringkali orang tua atau guru melihat anak atau siswanya tidak suka pada pelajaran bahasa inggris, dan juga malu menggunakannya bahkan lebih senang menghindarinya. Apa yang salah dari pola pengajaran guru dikelas sehingga siswa tidak bersemangat ketika belajar bahasa Inggris? Bagaimana meningkatkan motivasi atau minat siswa sehingga mereka senang belajar bahasa selain dari bahasa keseharian mereka.
Menjadi guru Bahasa Inggris sebaikanya mampu membuat sebuah model pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik dan kreatif dengan cara mengajar yang asik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Pastinya dengan hal demikian guru dapat membuat kesan yang baik dan menyenangkan bagi siswa sehingga siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar dan siswa lebih merasa nyaman dalam proses belajar-mengajar di kelas. Ada baiknya sebelum mesuk pada inti pelajaran yang akan diajarkan oleh guru pada hari itu, guru dapat memberikan stimulus positif bagi siswa sebagai brainstorming pada awal pelajaran. Bisa dengan lagu, video, atau gambar yang merujuk pada materi yang akan di ajarkan pada hari itu. Hal demikian dilakukan untuk membentuk pola pikir siswa dan mengemukakan pendapat mereka mengenai apa yang akan di ajarkan pada hari tersebut.
Selain memberikan stimulus positif, di awal pelajaran guru dapat mengaplikasikan bebrapa ungkapan -0 ungkapan sederhana di dalam Bahasa inggris untuk membuat siswa lebih berani mengemukakan pendapat mereka. Misalnya saja memberi greeting, menanyakan kabar dan bagaimana perasaan siswa di hari tersebut. Hal sederhana seperti ini dapat melatih siswa untuk lebih berani dalam berbicara Bahasa inggris dengan kosakata yang sederhana setiap harinya.
Pastinya hal – hal di atas akan lebih baik jika didukung oleh kualitas SDM guru yang mumpuni. Untuk meningkatkan kemampuan guru menguasai materi yang akan diajarkan, guru dapat mengumpulkan berbagai materi yang akan digunakan dalam mengajar melalui buku ajar, media cetak maupun media elektronik yang dapat menjadi sumber referensi di dalam proses belajar dan mengajar. Guru juga harus memperkaya kosakata di dalam Bahasa Inggris karena nantinya akan digunakan dalam mengajar writing bagi siswa. Seorang guru Bahasa inggris yang rajin membaca dan mencari inspirasi yang menyenangkan bagi siswa. Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah seorang guru harus memiliki kemampuan mengajar yang mumpuni. Sebelum masuk ke dalam kelas, guru dapat melatih diri agar lebih nayaman dan percaya diri untuk mengajar di depan kelas. Bila merasa kurang percaya diri materi yang akan diajarkan di dalam kelas akan menjadi kurang efektif bagi siswa karena siswa akan merasa bahwa guru kurang bisa menguasai kelas dan tidak menjadi panutan bagi siswa di kelas terebut.
Demikian mengenai langkah – langkah menjadi guru Bahasa Inggris yang menyenangkan, Ingin mengetahui langkah – langkan selanjutnya dan ingin belajar menjadi guru Bahasa inggris yang menyenangkan, silahkan bergabung bersama kami di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nasional Karangturi.
Oleh : Maria Dimitrij Angie Pavita, S.Pd., M.Li.
semoga sukses selalu..artikel yang bagus!