Kuliah Asik Kuliah Lapangan di Fatabar Farm

Beranda > Berita Kampus > Kuliah Asik Kuliah Lapangan di Fatabar Farm

Minggu, 2 Juni 2024 UNKARTUR mengirimkan beberapa mahasiswa lintas program studi ke Fatabar Farm, desa Monggot, Kecamatan Gundih, Kab. Grobogan Jawa Tengah.

UNKARTUR mengirimkan 7 mahasiswa Prodi Manajemen, 2 Mahasiswa Teknologi Pangan dan 1 Mahasiswa Akuntansi dengan 2 dosen pembimbing yaitu Pak Juventinus dan Bu Florentina Ajeng untuk mengobservasi potensi-potensi yang dapat digali dan dikembangkan lebih jauh di Fatabar Farm.

Kegiatan ini merupakan kegiatan belajar mengajar yang tidak hanya dilakukan di kampus saja tetapi mengajak mahasiswa untuk bisa melihat, mengobservasi dan berpikir lebih kritis mengenai upaya apa saja yang dapat membantu UMKM daerah menjadi lebih berkembang pesat dan dapat mendistribusikan produksi nya hingga ke luas.

Pelaksanaan kuliah dilaksanakan secara one day trip atau sehari perjalanan dari pagi hingga sore dengan akomodasi transportasi KA Kedung Sepur kemudian dijemput oleh pihak Fatabar Farm hingga sampai di tempat.

Selain perkenalan dengan pemilik sekaligus perintis Fatabar Farm, mahasiswa juga diajak menilik kandang kambing perah, melihat proses pemerahan susu, proses pembuatan pakan, hingga proses pembuatan susu kambing siap saji di tempat. Fatabar Farm masih menggunakan sistem peternakan sederhana dan manual menggunakan tenaga manusia dalam proses produksi hingga pengolahan susu kambing.

Setelah itu, mahasiswa diwajibkan membedah potensi dan di tuangkan dalam bentuk BMC (Bisnis Model Canvas) mengenai apa saja yg didapat setelah mengobservasi lapangan dalam hal ini Fatabar Farm. Pak Ruru selaku pemilik Fatabar Farm menuturkan bahwa salah satu kendala pengembangan produk olahan susu pelaku UMKM di pedesaan adalah minimnya penguasaan informasi mengenai teknik produksi dan pemasaran, terbatasnya akses peralatan yang mengadopsi telnologi tepat guna dalam pengolahan susu menjadi produk yang layak jual, menyebabkan produk olahan susu kurang bervariasi dan tidak berkembang.

Leave a Reply

fourteen + seventeen =