Fungsi Kemasan yang Menarik, Informatif, Sebagai Daya Tarik Promosi dan Memastikan Produk Aman Hingga Ke Tangan Konsumen

Beranda > Berita Kampus > Fungsi Kemasan yang Menarik, Informatif, Sebagai Daya Tarik Promosi dan Memastikan Produk Aman Hingga Ke Tangan Konsumen

Rabu 29 Mei 2024, UNKARTUR membuka kelas umum bagi seluruh mahasiswa/i untuk mengikuti kelas Pengemasan yang langsung dibawakan oleh Praktisi dunia Industri Bp Harjanto Kusuma Halim, M.Sc. selaku CEO PT Marifood.

Di dalam perkuliahan umum ini Bp Harjanto Halim memberikan wawasan baru terhadap semua mahasiswa yang hadir mengenai apa itu kemasan, fungsinya dan tujuan dari diciptakan nya sebuah kemasan. Dalam penyampaiannya, pak HH menyampaikan bahwa kemasan merupakan salah satu bagian penting dalam proses pengolahan, tak lain kemasan juga memiliki definisi sebagai wadah kemas atau pembungkus suatu produk untuk menjaga ekuitas merek dalam rangka mempromosikan penjualan. Kemasan juga mencakup 3 peringkat bahan yaitu : kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier/pengiriman.

Kemasan juga terbuat dari beberapa bahan, contoh nyata nya adalah kemasan primer yang langsung kontak dengan bahan terbuat dari plastik, gelas, kertas dan alumunium foil.

Selain itu, kemasan juga di ciptakan dengan tujuan sebagai pelindung isi dari kontaminan, kerusakan, atau bahkan menghindari terjadinya kekurangan isi dari produk tersebut. Lalu kemasan juga memberikan kemudahan bagi konsumen dalam penggunaan, sebagai penunjang promosi dalam memberikan daya tarik, mencakup seluruh informasi mengenai produk.

Pak Harjanto Halim turut membawa beberapa jenis kemasan baik buatan dalam negeri maupun luar negeri, serta kebermanfaatan kemasan dalam kelangsungan hidup. Tak luput beliau juga mengakatan “Kemasan yang terbuat dari bahan plastik memang terkadang menjadi buah simalakama bagi keberlangsungan hidup, namun tanpa kemasan pun kita juga tidak bisa melangsungkan hidup”

Leave a Reply

fourteen + 7 =