KB-TK Bethany School Praktik Membuat Pizza dan Coklat Tempe Sebagai Pangan Sehat

Beranda > Berita Kampus > KB-TK Bethany School Praktik Membuat Pizza dan Coklat Tempe Sebagai Pangan Sehat

Aneka macam varian makanan berbahan baku tempe disuguhkan kepada murid Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Bethany School Salatiga, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Bahkan, beberapa murid awalnya tidak tahu bila makanan kesukaan mereka seperti pizza, bola-bola cokelat dan susu yang disuguhkan merupakan makanan olahan berbahan dasar dari Tempe.

Makanan berbahan baku tempe itu dikenalkan Pakar Tempe dan Pegiat Inovasi Salatiga sekaligus Rektor UNKARTUR Dra. Lusiawati Dewi, M.Sc. Program suka cita bermain “Tempe for Fun” sambil belajar di KB-TK Bethany School, itu pun makin menarik. Salah satu upaya dalam mewujudkan kecintaan anak-anak usia dini terhadap produk yang berbahan baku tempe ini dengan mengenalkan makanan kesukaan anak-anak yang terbuat dari tempe.

Anak-anak jadi tahu bahwa pizza, bola coklat dan susu bisa dibuat dari bahan baku tempe. Pizza dibuat dengan bahan baku yang sangat sederhana yaitu tempe sebagai pengganti adonan dari tepung. Tempe diiris tipis lalu digoreng, kemudian diatas tempe diberi topping saus dan parutan keju .

Adapun bola cokelat Tempe yang di buat dengan mengaduk campuran tepung tempe, roti mari dan susu. Kemudian dibentuk bulatan bulatan kecil dan diberi topping coklat atau lainnya sesuai selera. Murid KB-TK sangat senang dan antusias ketika mengikuti praktik pembuatan makanan itu. Mereka ikut membuat bulatan-bulatan cokelat tempe dengan tangan mereka sendiri, hingga bola tempe siap di santap.

Lalu susu tempe dibuat sebagai alternatif pengganti susu sapi yang apabila dikonsumsi oleh penyintas Lactosa Intolerant dapat menyebabkan diare.

Leave a Reply

19 + 9 =