Bachelor Of

Health Information Management

Health Information Management

Hingga saat ini, baru ada 5 prodi S1 MIK di Indonesia dan FIKes UNKARTUR adalah salah satunya.

Visi prodi S1 MIK FIKes UNKARTUR adalah “Menjadi Prodi MIK bertaraf internasional yang menghasilKan lulusan yang Berkompeten, Berkarakter, Adaptif, dan Unggul dalam bidang Rekam Kesehatan Elektronik / Electronic Health Record (RKE/EHR) dan Analisa Data Pelayanan Kesehatan / Healthcare Data Analytics (HcDA) Pada Tahun 2022.

Sesuai dengan visinya maka prodi ini menetapkan keunggulan kompetensi lulusan di bidang Rekam Kesehatan Elektronik dan Analisa Data Pelayanan Kesehatan. Dapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia manajemen informasi kesehatan untuk menghadapi tantangan di era managed care dan public health insurance and coverage.

Jika Anda seorang profesional yang berminat untuk kelanjutan jenjang pendidikan dalam bidang perancangan manajemen informasi kesehatan, analisa data dan pengembangan layanan kesehatan dan konsultan manajemen rekam medik, atau perencana pendidikan serta pengembangan peran, peminatan ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pesatnya perkembangan layanan kesehatan membutuhkan teknologi dan metode pengelolaan informasi layanan kesehatan terkini, untuk memenuhi berbagai kebutuhan medis, manajemen, hukum penelitian dan pendidikan. Pendidikan sarjana rekam medis dan informasi kesehatan (S.RMIK) menyiapkan tenaga kesehatan yang ahli dibidang pengelolaan data dan informasi layanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Karena keilmuan S1 MIK merupakan pengembangan dan paradigma baru dari keilmuan rekam medis (RM) maka muatan kurikulum S1 MIK juga berbasis pada keilmuan RM dengan pengembangan dan pendalaman terutama pada analisa data layanan kesehatan dan rekam medis elektronik.

  • Major Manajemen akan diselenggarakan untuk periode masa studi 4 th dengan total sks +/- 144 sks
  • Pengalaman professional utama yang diberikan selama perkuliahan adalah pengalaman praktek lapangan berupa kegiatan magang di bidang manajemen informasi kesehatan
  • Sarjana pendidikan S1 Manajemen Informasi Kesehatan akan mendapatkan pembekalan untuk (1) Coding & revenue cycle, (2) Informatics, (3) Data Analytics, dan (4) Information governance.
  • Tersedia Porgram Transfer dengan metode pembelajaran" Blended Learning" yaitu Kombinasi kuliah kelas & laboratorium, E-Learning berbasis internet & studi kasus lapangan
  • Selama Masa Studi akan peserta didik dapat memilih mata kuliah profesi yang diselenggarakan. Sesuai dengan visinya maka prodi ini menetapkan keunggulan kompetensi lulusan di bidang Rekam Kesehatan Elektronik dan Analisa Data Pelayanan Kesehatan.