Kebijakan dan Pending Klaim JKN di Rumah Sakit X

Authors

  • Irmawati Mathar irma STIKes Bhakti Husada Mulia

DOI:

https://doi.org/10.53416/jurmik.v4i2.201

Keywords:

pending klaim, kebijakan rs, JKN

Abstract

 

Sejak 1 Januari 2014, pemerintah melaksanakan program jaminan kesehatan nasional. Program ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Pengajuan klaim oleh rumah sakit menggunakan software INA-CBGs (Indonesia Case Based Group System). Klaim yang mengalami pending dapat merugikan rumah sakit. Di rumah sakit x masih banyak terjadi kasus pending klaim. Sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kebijakan dan kasus pending klaim. Peneliti menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Tujuan menggunakan pendekatan analisis ini adalah agar peneliti dapat menggambarkan realita empirirs di balik terjadinya kasus pending klaim yang terjadi di rumah sakit x secara mendalam sehingga akan didapatkan permasalah dan solusi yang tepat. Hasil penelitian ditemukan kasus pending klaim yang disebabkan karena ketidaklengkapan berkas klaim serta kesalahan dalam menentukan kode diagnose maupun tindakan yang terjadi pada bulan oktober ke November tahun 2022, dan kasus tersebut mengalami peningkatan karena berkas SITB yang tidak disertakan. Kebijakan di rumah sakit x terkait pending klaim adalah mengikutkan petugas coder untuk mengikuti pelatihan koding. Rumah sakit dapat Menyusun SOP baru untuk pengecekan berkas klaim serta penentuan kode secara akurat serta dilakukan pengawasan pada pengisian rekam medis.

 

 

References

Sander A, Indawati L, Widjaja L, Rumana NA, Studi P, Medis R, et al. Tinjauan Faktor Penyebab Pengembalian Klaim BPJS Pasien Rawat Inap di RSKD Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2021. Sehat Rakyat [Internet]. 2022;1(4):3 87–98.

Mathar I, Crismantoro Budi Saputro, Wahyu Wijaya Widiyanto, Elisa. Factors Causing Pending Claims of BPJS Hospitalization on the Diagnosis of Pneumoni Covid-19 Cases. Journal of Medical and Health Studies. 2023 Aug 7;4(4):96–110.

Pramesti A, Legowo PS, Tambunan ME. Analisis Risiko Dispute Klaim COVID Terhadap Operasional Cashflow Di RS JT. Manajemen Risiko. 2022;1–28.

Pratama A, Fauzi H, Indira Z, Purnama Adi P, Studi Manajeman Informasi Kesehatan P, Informasi Kesehatan M, et al. Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap Akibat Koding Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedirman Kebumen. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan [Internet]. 2023;8(1):2502–7786.

Sahir L, Wijayanti RA. Faktor Penyebab Pending Claim R anap JKN Dengan Diagram Fishbone Di RSUP DR Kariadi. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 2022 Oct 4;10(2):182–90.

Kukuh Kurnia E. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas) 2022 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta 173. In: Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas). 2022. p. 173–7.

Evo D. Kebijakan Perusahaan Dalam Menangani Kinerja Karyawan Selama Pandemi COVID 19 Pada PT Astra Internasional. Skylandsea Profesional. 2021;1(2):61–5.

Rohman H, Wintolo A, Susilowati E. Analisis Penundaan Pembayaran Klaim Pada Sistem Vedika Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta. Wiyata. 2021;8(1):72–83.

Mandia S. BPJS Claims Pending Case Coding Training at AISYIYAH PADANG RSU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2023 Feb 13;7(1):55–61.

Santiasih WA, Simanjorang A, Satria B. Analisis Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap Di RSUD DR. RM Djoelham Binjai. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 2021;7(2):2615–109.

Nuraini N, Wijayanti RA, Putri F, Alfiansyah G, Deharja A, Santi MW, et al. Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap Di Rumah Sakit Citra Husada Jember. Kesmas Indonesia. 2019;11(1):24–35.

Putro Mudiono DR, Deharja A, Selviyanti E, Alamanda W. Analysis of Individual Characteristics of Employee’s Performance at Regional Hospital dr. Soebandi Jember on the Case of BPJS Inpatient Pending Claim. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan. 2023 Jan 10;8(1):315–22.

Oktamianiza O, Reza IA, Novita D. Tinjauan Ketepatan Kode dengan Pending Klaim Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. 2022 Mar 30;5(1):37–46.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

irma, I. M. (2024). Kebijakan dan Pending Klaim JKN di Rumah Sakit X. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 4(2), 34–38. https://doi.org/10.53416/jurmik.v4i2.201