“Unkartur Tembus Prestasi Tingkat Nasional”

Beranda > Artikel > “Unkartur Tembus Prestasi Tingkat Nasional”

Oleh Tim UKM Jurnalistik Unkartur

Mahasiswi Universitas Nasional Karangturi kini mulai meraih prestasi yang memuaskan. Tak tanggung-tanggung, ada dua mahasiswa dari fakultas yang berbeda telah meraih prestasi tingkat nasional. Mereka adalah Merry Dewan Dita, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris 2019, dan Etsa Pramestya Nanya, mahasiswi Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan 2020.

Merry Dewan Dita atau biasa disapa dengan nama Kak Merry ini berhasil meraih medali perak kategori Public Speaking dalam ajang ‘Indonesian Student and Lecturer Competition’. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi dengan mengusung tema ‘Merdeka Kreatif di era Pandemi COVID-19’ secara online. “Perasaan saya ketika mengetahui bahwa saya mendapatkan medali Perak tentunya senang sekali ya. Tidak menyangka meskipun awalnya ragu namun bisa mendapatkan medali perak,” ungkapnya ketika diwawancarai oleh tim UKM Jurnalistik Universitas Nasional Karangturi.

Selama persiapan, ia sering berkonsultasi dengan Ibu Afi Normawati, S.Pd., M.Pd selaku pembimbingnya. “Kebetulan Bu Afi menyarankan kepada saya untuk menceritakan pengalaman pribadi saya selama pandemi ini terutama kegiatan jualan susu pasteurisasi yang saya lakukan. Setelah mendapatkan topik bahasan saya mulai membuat kerangka dan isi naskah. Tentu saja semua tidak lepas dari bimbingan Bu Afi. Setelah naskah selesai saya mulai latihan belajar berbicara public speaking terlebih dahulu seperti latihan di depan cermin agar tidak takut ketika lomba besok,” jelasnya.

Selain Kak Merry, Universitas Nasional Karangturi juga meraih prestasi melalui Kak Etsa Pramestya Nanya. Mahasiswa dari Program Studi S-1 Manajemen Informasi Kesehatan 2020 itu meraih juara pertama dalam ajang ‘Indonesian Medical Record and Health Information Competition 2020’ tingkat nasioanal. Ia mengatakan bahwa ia sebelum mulai lomba mulai menyiapkan beberapa materi untuk persiapan lomba tersebut. Ketika lomba berlangsung ternyata banyak sekali peserta dari luar pulau jawa juga yang mengikuti dan mmbuat Kak Etsa sedikit gugup. Selain itu ketika diwawancari ia berkata “Tidak lupa juga dengan doa, niat sekaligus mental mas,” katanya. Selain berdoa dan mempersiapkan niat, ia juga berusaha untuk meyakinkan dirinya sendiri.

Ketika ia ditanyai mengenai perasaannya setelah menjuarai lomba tersebut, awalnya ia merasa ragu dan tidak menyangka. “Saya aja awalnya ragu kalo dapet juara 1 mas, pas pengumuan juara itu melalui zoom ditambah waktu itu sinyal juga agak kurang stabil, tapi setelah itu saya pastikan kembali dan ternyata benar saya juara 1, tentunya saya sangat bangga dengan apa yang saya raih mengingat ini adalah kompetisi tingat nasional.”

Dengan diraihnya prestasi para mahasiswi Universitas Nasional Karangturi, tentunya menjadi nilai plus bagi kampus. Meskipun ditengah pandemi ini para mahasiswi Unkartur bisa membuktikan dengan mengharumkan nama Universitas Nasional Karangturi dikancah kompetisi tingkat nasional.

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192 Telp. 024-3545882 / 08112710322

Leave a Reply

16 − one =