“Peluang Karier Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris di Era Digital”

Beranda > Artikel > “Peluang Karier Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris di Era Digital”

Oleh : Allvian Ika Fiki Susanto, S.Pd., MPd

LULUSAN dari program studi (S1) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) secara umum  diharapkan menjadi guru bahasa Inggris ketika telah menyelesaikan pendidikannya. Pandangan tersebut memang cukup logis mengingat bidang kajian studi tersebut berkutat dalam pembelajaran bahasa Inggris. Akan tetapi, anggapan tersebut saat ini tidak sepenuhnya tepat.

Seiring dengan perkembangan dan peningkatan teknologi informasi dan penggunaan internet, kondisi tersebut membuka berbagai peluang karier yang dapat ditempuh oleh para lulusan jurusan tersebut. Berikut adalah ulasan singkat mengenai beberapa contoh peluang karier ke-kini-an yang bisa ditempuh oleh para lulusan program studi (S1) PBI.

1. Content creator pendidikan

Profesi sebagai content creator sedang menjadi trend bagi para generasi milenial dan Z. Mereka memanfaatkan berbagai macam platform social media (youtube, instagram, dsb) untuk menarik sebanyak mungkin viewers melalui konten-konten kreatif yang mereka buat melalui akun social media yang mereka miliki. Pendapatan yang didapat dari profesi tersebut pun cukup menjanjikan dimana melalui popularitas dari jumlah viewers yang tinggi, mereka dapat maraup pundi-pundi income dari iklan dan endorse berbagai produk.

Para lulusan prodi PBI dapat membuat berbagai konten-konten kreatif terkait materi-materi pembelajaran bahasa inggris yang dikemas dalam tampilan yang atraktif yang dikelola secara profesional sehingga pendapatan pun bisa didapat melalui profesi ini.      

2. Content writer

Content writer adalah penulis profesional yang membuat berbagai tulisan menarik berbasis media online di berbagai area seperti jurnalistik, branding dan manual guide sebuah produk. Secara umum, profesi tersebut dilakukan melalui dua cara dalam mendapatkan income. Pertama, content writer dipekerjakan langsung oleh sebuah perusahaan dimana penulis tersebut ditugaskan untuk mengelola konten dari website, media online yang dimiliki oleh perusahan tersebut dengan tujuan untuk branding atau memeberikan manual guide terkait produk yang mereka buat atau bahkan menulis berbagai berita jika perusahan tersebut berkecimpung di bidang jurnalistik.

Kedua adalah content writer yang mengelola tulisanya sendiri di berbagai blog maupun website yang bertujuan untuk menarik pembaca sebanyak mungkin sehingga traffic rate-nya tinggi. Seorang content writer yang memiliki kemampuan menulis dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, akan sangat berpeluang besar memiliki keunggulan yang signifikan untuk dapat berkarir dalam bidang tersebut. 

3. Copy writer

Copy writer merupakan profesi yang berkecimpung secara langsung dalam pembuatan artikel, iklan, dan kampanye yang bertujuan untuk melakukan penjualan sebuah produk berbasis online. seorang copy writer umumnya memang dipekerjakan oleh perusahaan yang akan melakukan pemasaran berbagai produknya secara online. Dengan memiliki ketrampilan menulis dalam bahasa Inggris, para lulusan program studi PBI dapat menjadi seorang copy writer untuk memasarkan berbagai produk yang akan dipasarkan secara global dimana berbagai iklan, artikel, dan kampanye produk tersebut haruslah disusun dalam bahasa Inggris.

Berikut tadi adalah ulasan singkat terkait peluang karier ke-kini-an yang dimiliki oleh para lulusan prodi PBI. Semoga dari informasi tersebut, para pembaca terutama pelajar yang berminat melanjutkan pendidikan pada program studi PBI atau para mahasiswa yang sedang menempuh studi di program studi tersebut mendapatkan wawasan baru dalam melihat peluang karier yang dapat mereka pilih di kemudian hari.  

Leave a Reply

eight + seven =