I’m Ready To Create An Excellent Generation

Oleh Unkartur Semarang

Pada tanggal 9-11 September 2020, Universitas Nasional Karangturi mengadakan acara PKKMB.

Berbeda dari tahun sebelumnya karena tahun ini dilakukan secara daring melalui online aplikasi Zoom, untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2020/2021.

PKKMB tahun ini mengusung tema Menjadi Pribadi Mahasiswa Millenial yang berjiwa Pancasila, Berkarakter Wirausaha, Guyub dan Profesional.

Dengan harapan mahasiswa baru Unkartur memiliki jiwa Pancasila dan wirausaha serta tetap guyub dalam menjalani kehidupan perkuliahan meskipun pelaksanaan pembelajaran  dilakukan secara daring.

Acara ini dibuka oleh dr. Murti Wandrati, M.Kes. selaku Rektor Universitas Nasional Karangturi.

Rektor memberikan informasi megenai visi dan misi kampus, juga memperkenalkan keluarga besar civitas akademika.

Pada hari pertama, mahasiswa baru mendapatkan materi tentang Nasionalisme bagi Generasi Milenial yang dipandu Harjanto Kusuma Halim, M.Sc selaku Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Nasional Karangturi.

Materi ini bertujuan meningkatkan semangat nasionalis bagi anak muda milenial Unkartur.

Peserta juga mendapatkan sosialisasi Narkoba dan Segala Permasalahannya dalam format video interaktif menarik yang telah disiapkan oleh panitia acara.

Sehingga dapat menimbulkan kesadaran teman-teman muda akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Pada hari kedua, mahasiswa baru mendapatkan penjelasan mengenai online system kemahasiswaan, Sistem Informasi Akademi (SIA) kampus, yang disampaikan Felicia N Lenggono, M. Ed, Raya Awalsyah, S.Kom. , dan Dra. Sianyta..

Kemudian peserta mendapatkan materi mengenai Etika di Kampus oleh dr. Rano Indradi, M. Kes yang memberikan wawasan bagi mahasiswa baru dalam berinteraksi dalam kehidupan perkuliahan di kampus.

Ada pula sharing sessions mengenai kewirausahaan yang disampaikan oleh salah satu dosen program studi S1-Manajemen Unkartur yang juga pelaku usaha ikoN Resto & Coffee, Anoki Herdian Dito, S.E., M.M.

Topik kewirausahaan menjadi topik yang dipilih dalam pembekalan kali ini karena sesuai dengan jiwa Unkartur yaitu kewirausahaan.

Dalam topik ini teman-teman muda diajak untuk sharing serta berbagi pengalaman seputar kewirausahaan.

Selain menyuguhkan topik-topik seputar pembekalan untuk teman-teman muda Unkartur, mahasiswa baru Unkartur juga mendapatkan informasi seputar kehidupan kampus.

Salah satunya seputar organisasi kemahasiswaan yang disampaikan oleh Ketua BEM Universitas Nasional Karangturi, Geraldus Tegar Mahardhika.

Pada hari terakhir, peserta berkenalan dan berinteraksi langsung dengan prodi masing-masing.

Teman-teman mendapatkan wawasan visi misi prodi dan juga apa yang akan mereka tempuh selama kurang lebih empat tahun yang akan datang.

Peserta juga berkenalan dengan tim dari masing-masing prodi yang nanti akan menjadi pembimbing mereka selama berkuliah di Universitas Nasional Karangturi.

Secara keseluruhan, acara ini dikemas secara menarik, interaktif, dan dengan sisipan wawasan kebangsaan, etika, dan kewirausahaan sehingga dapat diterima dan diaplikasikan secara aktif selama menjalani program Pendidikan di Unkartur.

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi. (*)

Leave a Reply

fifteen + 12 =