Universitas Nasional Karangturi Resmi Beroperasi, Siapkan Lulusan Ini


  • 18 Sep 2018
  • unkartur

Ketua Yayasan dan Rektor Universitas Nasional Karangturi melakukan syukuran operasional Kampus yang dihadiri oleh anggota pengurus yayasan, kepala SD hingga SMA Karangturi dan beberapa orang tua siswa pada Kamis (30/8).

Setelah berkiprah selama 89 tahun dijenjang pendidikan TK sampai dengan SMA, Yayasan Pendidikan Nasional Karangturi melangkah lebih jauh dengan mendirikan Universitas.

Universitas Nasional Karangturi didirikan sesuai Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 365/KTP/I/2017 tanggal 19 Juni 2017.

Universitas Nasional Karangturi membuka 7 Fakultas dan 10 Program Studi diantaranya Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari S1 Ekonomi Manajemen dan S1 Ekonomi Akuntansi. Fakultas Psikologi terdiri dari S1 Psikologi. Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari S1 Gizi, S1 Kesehatan Lingkungan, dan S1 Manajemen Informasi Kesehatan.

Fakultas Farmasi terdiri dari S1 Farmasi, Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari S1 Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Informatika dan Komputer terdiri dari S1 Sistem Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari S1 Bahasa Inggris.

Menurut Eksekutif Universitas Nasional Karangturi, Sianyta saat konferensi pers Kamis (30/8) mengatakan, kami akan mengoperasionalkan 4 program studi terlebih dahulu yaitu Ekonomi Manajemen S1, Ekonomi Akuntansi S1, Psikologi S1, dan Manajemen Informasi Kesehatan S1 dengan bebas biaya pendaftaran dan uang gedung. Pendaftaran dimulai 3 September hingga 27 September 2018 sedangkan perkuliahan dimulai 1 Oktober 2018.

Universitas Nasional Karangturi mempunyai keunikan daripada Universitas lainnya yaitu lulusan dibekali dengan Sertifikasi Dasar Profesi selain mendapatkan Ijazah Sarjana, penguasaan bahasa Inggris dan Mandarin serta program Pendidikan Karakter.

"Universitas Nasional Karangturi terdapat kurikulum ujian profesi pada tahun keempat. Setelah lulus, mahasiswa mendapat sertifikat profesi dan ijasah Sarjana sehingga memungkinkan mereka bekerja. Kampus lain setelah kuliah 4 tahun, mahasiswa hanya mendapat Ijasah Sarjana." ujar Rektor Universitas Nasional Karangturi, David Widihandojo, Phd saat konferensi pers di ruang tamu Kampus, Kamis (30/8).

David menambahkan, tenaga pengajar berasal dari berbagai kota se Jawa. Tenaga pengajar memiliki keterampilan berbahasa Inggris dan Mandarin. Mahasiswa dilatih berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dan Mandarin dengan sesama teman atau dosen saat proses perkuliahan maupun dalam pergaulan di kampus.

"Disini terdapat pusat pengembangan karakter untuk membentuk lulusan menjadi pribadi yang disiplin, kreatif, dan bertanggung jawab. Selain dimasukkan kedalam kurikulum, program Kepemimpinan dan pengembangan karakter juga dilaksanakan pada akhir Minggu atau liburan." bebernya.

Menurut Kepala Yayasan Karangturi, Handojo Halim, Perguruan Tinggi harus dilengkapi pendidikan karakter. Nanti akan disiapkan pendidikan karakter selain pendidikan akademis.

"Kami mendidik siswa menjadi berkarakter baik, tidak hanya sekedar pintar. Kalau dulu ada siswa bodoh karena urusan gizi, sekarang semua siswa sudah terpenuhi gizinya. Sehingga, kami tinggal melengkapi siswa dengan akhlak atau karakter yang baik."bebernya.

Universitas Nasional Karangturi berkomitmen menghasilkan lulusan yang berkarakter dan kompeten dengan penguasaan bahasa Inggris maupun Mandarin serta membekali lulusan dengan Sertifikat Dasar Profesi agar mampu bersaing dan siap menapaki dunia kerja.(*)



Artikel ini telah tayang di 
Tribunjateng.com dengan judul Universitas Nasional Karangturi Resmi Beroperasi, Siapkan Lulusan Ini, http://jateng.tribunnews.com/2018/08/30/universitas-nasional-karangturi-resmi-beroperasi-siapkan-lulusan-ini.
Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: galih permadi